Posted by : Aditya Indra Sunday, February 5, 2012

Minggu kemarin, Ibu Guru saya memberikan informasi, bahwa besok selasa kelas kami akan diberikan ujian praktik menulis esai. Temanya adalah remaja dan globalisasi, dan saya memilih tema khusus "Kenikmatan Bercinta dengan Komputer". hehehe, sepertinya sedikit vulgar dan kurang pas di telinga, tapi biarlah yang penting isinya tidak vulgar dan saya akan mencoba mencari kata-kata yang tepat untuk tema esai saya. Untuk memenuhi tugas tersebut, saya baru saja mencari-cari info mengenai menulis esai. saya mendapatkan cukup banyak informasi, bisa di baca di bawah ini. semoga bermanfaat :D (lupa mengambil dari mana, hehe, jadi tidak bisa menulis sumber)


Sebuah essay (esai) biasanya dibagi menjadi 3 bagian, yakni:

Bagian pendahuluan 
Isi dari pendahuluan adalah latar belakang pembahasan essay (esai) yang kemudian memberikan identifikasi subyek pembahasan dan pengantar mengenai subyek yang akan dinilai pada esai yang anda buat

Tubuh essay (esai)
Pada bagian ini tertuang keseluruhan informasi mengenai subyek pembahasan

Bagian akhir
Bagian akhir ini berisi kesimpulan mengenai essay (esai), menyebutkan kembali ide pokok pembahasan, ringkasan, dan bila perlu menambahkan beberapa penelitian mengenai subyek yang anda nilai pada esai

Sementara langkah yang harus anda lakukan dalam membuat essay (esai) adalah sebagai berikut:
  1. Pertama tentu saja tentukan tema alias topik yang akan menjadi rujukan utama essay (esai) yang anda buat
  2. Buat outline alias rancangan garis besar ide pembahasan yang akan ditulis
  3. Tuliskan pendapat anda sebagai penulis dalam beberapa kalimat singkat tapi jelas
  4. Tulis tubuh alias isi. Langkah pertama dari langkah ini adalah memilah poin penting yang akan anda bahas. Setelah itu buat subtema pembahasan guna mempermudah pembaca memahami tujuan gagasan yang anda usung lalu kembangkan subtema tersebut sehingga menjadi lebih luas dan lebih rinci membahas subtema yang anda buat.
  5. Buatlah paragraf awal sebagai pendahuluan. Pada paragraf ini yang perlu anda tulis adalah alasan atau latar belakang penulisan essay (esai).
  6. Tuliskan kesimpulan Anda. Hal ini penting dalam membentuk opini pembaca. Dalam essay (esai) anda dapat saja berat sebelah dan bersikeras pada pendapat anda karena untuk tujuan inilah essay (esai) dibuat. Beda halnya dengan media masa atau lainnya yang memang diharuskan bersikap netral dalam karya tulisnya.
  7. Berikan sentuhan akhir yang cantik tapi tegas dan lugas sehingga pembaca mampu mengambil manfaat dari esai yang anda tulis secara mudah dan sistematis. Hal ini juga penting dalam membentuk kerangka berpikir yang utuh pada diri pembaca.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

"Blog berisi coretan seorang mahasiswa elektro"

Instagram

Followers

- Copyright © ADITYA INDRA BAGASKARA -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan - Edited by Aditya Indra -